PERINGATAN NUZULUL QUR'AN 1442 H

sman109jkt.sch.id Jakarta, Peringatan Nuzul Qur’an sebagai  wujud aplikasi dari pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah maupun masyarakat  bertujuan menambah ilmu pengetahuan di bidang rohaniah, menanamkan akhlakul karimah, meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta meningkatkan kualitas diri para siswa dan siswi SMA Negeri 109 Jakarta yang beragama Islam sebagai muslim atau muslimah yang religius, berbudi pekerti, berprestasi, dan peka terhadap lingkungan, 

Seluruh keluarga besar dan warga SMAN 109 Jakarta mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H sebagai bagian dari kegiatan Pesantren Kilat Tahun 2021, yang digelar secara virtual melalui media Zoom Meeting dan disiarkan langsung di kanal YouTube, Kamis (29/4/2021). 

Nuzulul Qur’an tahun ini mengambil tema ““Membangun Akhlak Qur’ani sebagai Penerang di Era Pandemi dalam Menyelamatkan Generasi”.”

Turut hadir dalam kegiatan Nuzulul Qur’an 1442 H diantaranya, Pengawas Kementerian Agama Wilayah kecamatan Jagakarsa, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Pengurus Komite,  perwakilan orang tua, serta Peserta Didik Kelas X dan Kelas XI.

Peringatan Nuzulul Qur’an diawali dengan Zikir pagi, dilanjut pembacaan Kalam illahi yang dibawakan oleh Pengurus  ROHIS SMAN 109 Jakarta, dilanjutkan dengan sambutan pengantar dari Pembina Rohis Bapak Subhan Munawar, S.Pd.I, Kepala Sekolah Ibu Dra. Rusmala Nainggolan, M.Pd , dan Pengawas Kementerian Agama Wilayah Kecamatan Jagakarsa Bapak Saepul, S.Ag, M.Pd, kemudiandilanjutkan ceramah dari Bapak KH. KH. Jamaluddin F. Hasyim, SHI sekaligus memandu doa Khotamul Quran, yang diwarnai dengan adanya kuis berhadiah.

Kegiatan Pesantren Kilat dalam bentuk peringatan Nuzulul Qur’an merupakan program kerja Panitia Hari Besar Islam (PHBI) ROHIS SMAN 109 Jakarta sebagai bagian program bidang kesiswaan dalam mendukung pencapian visi dan misi SMAN 109 jakarta,   yang bertujuan sebagai amaliah bulan Ramadhan,  meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, mendekatkan diri kepada Allah SWT, Menanamkan akhlakul karimah,  menambah pengetahuan dan praktik dalam beribadah, mempererat ukhuwah islamiyah antar warga sekolah, meningkatkan potensi akademik peserta dalam bidang keagamaan, menumbuhkan keterampilan dalam bersosialisasi dan peka terhadap lingkungan, serta untuk mengenang kembali peristiwa pertama kali turunnya wahyu Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.