KERJA BAKTI LINGKUNGAN BERSAMA TNI-AD TAHUN 2020

sman109jkt.sch.id SMA Negeri 109 Jakarta bekerja sama dengan TNI-AD Danyon Zikon-14 bersama orangtua siswa tergabung dalam Komite Sekolah melaksanakan kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah dalam rangka menyiapkan lahan untuk pengembangan Urban Farming sekolah. Kegiatan ini di inisiasi oleh kelompok guru, bimbingan konseling, yang direspon positif tim manajemen sekolah guna meningkatkan ketertarikan minat dan bakat peserta didik terhadap pertanian.

Kegiatan ini diikuti 15 personil TNI, warga sekolah dan komite sekolah demi mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 4 November 2020 mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan tersebut di fokuskan untuk memanfaatkan sisa lahan bekas bangunan sekolah selanjutnya untuk dijadikan pengembangan, perluasan area lahan kebun sekolah (urban farming). Jadi nantinya sekolah memiliki lahan kebun sekolah yang lebih luas dan dapat dijadikan sasaran baru untuk penanaman berbagai jenis bibit tamanan sayur dan buah-buahan. Kegiatan dipimpin langsung oleh Dra. Rusmala Nainggolan, M.Pd selaku Kepala Sekolah didampingi Bp. Letkol Czi Budhi Hartono S.E., MM., M.Han (Komandan Danyon Zikon-14) dan Bp. Dr. Gs. Lingga (Ketua Komite) telah dilakukan penopingan pohon di area sekitar lahan, pemotongan rumput liar, pemasangan kavling blok sebagai wadah media tanam, serta membersihkan area saluran air demi menghindari genangan air yang ditimbulkan akibat cuaca hujan.

Tujuan kegiatan ini diselenggarakan guna memanfaatkan lahan yang ada sebagai lahan baru kebun sekolah (urban farming) dari yang sudah ada sebelumnya.

Kepala SMA Negeri 109 Jakarta sangat mengapresiasi kebersamaan dalam kerja bakti ini sehingga diharapkan tercipta wujud harmonisasi antara pihak sekolah, alumni (unsur Danyon Zikon) dan orang tua siswa (Komite Sekolah). 

Dalam sambutannya Bp. Letkol Czi Budhi Hartono SE,MM.M.Han yang merupakan Alumni SMAN 109 Jakarta menyampaikan bahwa beliau bangga karena perkembangan sekolah yang sudah sebagus ini dan beliau sangat senang jika kami para TNI-AD dapat membantu didalamnya.